Merbabu & Merapi
Merbabu & Merapi

11 Daftar Gunung di Indonesia yang Wajib Didaki Selama Kalian Muda

Indonesia memang layak dikatakan sebagai negeri yang elok dengan berkah kekayaan alam yang melimpah. Khususnya bagi kalangan pecinta alam, mendaki gunung bukan lagi menjadi prioritas yang sulit, apalagi ketika dihadapkan dengan soal minat dan hobi dan kebutuhan untuk mensyukuri kebesaran Tuhan. Beberapa puncak di Indonesia yang perlu menjadi sorotan bagi kalian yang mengaku sebagai pecinta alam.

pablo-mountain

Artikel ini akan membahas secara khusus tentang 11 Daftar Gunung Indonesia yang Wajib Didaki Selama Kalian Muda, yang dapat menjadi referensi tersendiri untuk rencana pendakian kalian sebelum renta.

1. Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Gunung Kerinci merupakan gunung dengan puncak tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Jayawijaya. Terletak di Jambi dan berbatasan dengan Sumatera Barat, mencapai puncaknya memungkinkan kalian dapat melihat seisi kota Jambi, Padang dan Bengkulu. Gunung Kerinci menghadirkan ragam kekayaan alam berupa Danau Bento dan Kawah Gunung Tujuh. Mendaki Gunung Kerinci membutuhkan waktu tempuh normal sekitar 2-3 hari.

2. Gunung Gede (2.958 mdpl) dan Pangrango (3.019 mdpl)

Merupakan gunung yang berada di wilayah Jabodetabek, Gunung Gede dan Gunung Pangrango merupakan gunung yang bertempat di satu lokasi. Keistimewaan dari kedua gunung ini ada pada beragamnya jenis flora dan fauna yang dapat ditemui. Gunung Gede dan Gunung Pangrango merupakan gunung yang cocok bagi pemula. Dengan ragam alam berupa Air Terjun Ciwarna, Surya Kencana dan lainnya, puncak kedua gunung ini dapat ditempuh dalam waktu tempuh normal sekitar 2 hari.

3. Gunung Ciremai (3.078 mdpl)

Tantangan terberat dari sesi pendakian gunung di Jawa Barat dapat ditemui ketika mendaki Gunung Ciremai. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang letaknya berbatasan dengan daerah Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Dibutuhkan stamina serta kepercayaan diri yang kuat untuk menempuh perjalanan curam sebelum sampai ke puncak gunung ini. Dengan ragam alam berupa keindahan kawah dan terdapatnya Goa Walet, Gunung Ciremai dapat didaki minimal 2 hari, tergantung kekuatan individu masing-masing.

4. Gunung Argopuro (3.088 mdpl)

Berlokasi di Probolinggo, Gunung Argopuro merupakan gunung yang memiliki jalur terpanjang di Jawa. Gunung Argopuro menghadirkan eksotisme alam berupa banyaknya savana dan bekas peninggalan arca. Menyusuri Gunung Argopuro memungkinkan kalian bertemu dengan burung merak jika sedang beruntung. Dengan waktu tempuh 2-3 hari, kalian sudah bisa mencapai puncak Gunung Argopuro.

5. Gunung Sindoro (3.153 mdpl), Sumbing (3.371 mdpl), dan Slamet (3.428 mdpl)

Merupakan gunung yang berada di daerah Jawa Tengah, ketiga gunung ini merupakan gunung yang sering disebut sebagai Triple-S wajib daki yang ada di pulau Jawa. Pesona alam yang ditawarkan sudah tidak diragukan lagi, dengan ketinggian di atas 3000 mdpl. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk mendaki ketiga gunung ini secara berkelanjutan.

6. Gunung Merbabu (3.142 mdpl)

Merupakan gunung yang bersanding dengan Gunung Merapi dan terletak di wilayah Jawa Tengah. Gunung Merbabu merupakan gunung yang menjadi simbol sakral masyarakat setempat dan memiliki banyak situs prasejarah. Ragam alam yang ada di wilayah Gunung Merbabu meliputi padang sabana dan Air Terjun Grenjengan Kembar, dikatakan pula bahwa Gunung Merbabu memiliki spot sunset terbaik dari gunung-gunung yang ada di Indonesia. Normalnya kalian dapat menempuh perjanan sekitar 1-2 hari untuk mendaki gunung ini.

A photo posted by Bentang Nusantara (@bentara.id) on

7. Gunung Merapi (2.968 mdpl)

Merupakan gunung yang disakralkan oleh masyarakat Yogyakarta, Gunung Merapi adalah jenis gunung api yang memiliki daerah lereng yang dimukimi oleh warga. Kalian dapat melihat Gunung Merbabu secara jelas dari Gunung Merapi. Ragam alam terbaik dari Gunung Merapi sendiri adalah puncaknya yang terdiri dari Puncak Garuda dan Puncak Limas. Diperlukan ekstra kewaspadaan saat mendekati daerah puncak yang runcing dan rawan dikarenakan dekat dengan jurang kawah yang lebar.

8. Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung Semeru merupakan gunung yang terkenal dengan puncak Mahameru. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang terkenal di Indonesia dan tertinggi di Jawa Timur. Keindahan alam yang ada di Gunung Semeru meliputi danau tertinggi, yakni Danau Ranukumbolo, juga spot unik yang ada pada Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo dan lainnya. Puncak Gunung Semeru merupakan puncak yang tidak bisa dinaiki lewat waktu siang dikarenakan rawannya keracunan gas dari Kawah Jonggring Saloka.

9. Gunung Arjuna (3.339 mdpl)

Merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru. Gunung Arjuna adalah gunung yang memiliki keragaman alam istimewa bagi masyarakat Jawa Timur. Terdapat salah satu objek wisata di Gunung Arjuna, yakni Air Terjun Kakek Bodo. Gunung Arjuna dapat didaki selama waktu tempuh normal 2-3 hari.

10. Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

Gunung ini berada di Lombok. Gunung Rinjani merupakan gunung yang menjadi lokasi favorit para pecinta alam, baik lokal maupun internasional. Gunung Rinjani menghadirkan ragam alam terkenal, yakni Danau Segara Anak yang merupakan danau kawah yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Ragam alam lainnya yakni Gua Susu, Gua Manik dan Gua Payung. Gunung Rinjani dapat didaki sekitar 3-4 hari perjalanan.

11. Gunung Jayawijaya (4.884 mdpl)

Terletak di wilayah Papua, Gunung Jayawijaya merupakan gunung favorit para ahli Geologi dunia. Biasa disebut dengan Cartenz Pyramid, Gunung Jayawijaya memiliki keistimewaan puncak yang diselimuti oleh salju abadi. Gunung Jayawijaya menjadi salah satu dari tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia dan menjadi gunung impian para pendaki. Permasalahan yang dihadapi adalah sulitnya mendapatkan perizinan pendakian yang mudah dari perusahaan tambang Freeport untuk saat ini.

Demikianlah 11 Daftar Gunung Indonesia yang Wajib Didaki Selama Kalian Muda. Tetaplah waspada dalam masa pendakian, dan tetap cintai alam Indonesia!

Bentang Nusantara

Berdiri sekokoh cemara. Berlari selincah rusa. Membentang seluas Nusantara.

6 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *