Gunung Prau

Alasan Mengapa Traveling Adalah Hobi Terbaik Sepanjang Masa

Masih ada saja orang yang berkata, “Ngapain sih traveling? Bukannya hal begitu buang-buang uang, tenaga, dan waktu aja?”.

Orang tipikal seperti itu belum bisa menemukan esensi dari sebuah kegiatan jalan-jalan. Atau, selama ini dia hanya bisa membayangkan saja aktivitas tersebut tanpa pernah melakukannya secara langsung. Padahal, kegiatan traveling punya segudang manfaat yang baik buat diri maupun lingkungan.

Tulisan ini akan menjabarkan satu per satu manfaat dari traveling. Cobalah sesekali melakukannya, dan buktikan saja bahwa poin-poin di bawah benar adanya.

Travel teaches toleration.

Benjamin Disraeli

Traveling itu Media Belajar Paling Efektif di Dunia

Jika kamu punya hobi traveling, berarti kamu memiliki kelebihan satu garis lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki hobi tersebut. Tahu kenapa?

Karena kamu tidak perlu jadi sarjana jika ingin sedikit lebih pintar. Kamu cukup melakukan sebuah perjalanan dan bertemu banyak orang. Dengan begitu, kamu akan dengan mudah memahami karakteristik setiap individual. Mulai dari budaya, sejarah, bahkan sifat setiap orang yang ada banyak di luaran sana. Dan, hal ini hampir dipastikan jarang (atau tidak sama sekali) kamu temukan di bangku sekolah atau kuliah.

Saung Kecapi di Kawah Putih
Saung Kecapi di Kawah Putih

Traveling itu Sama Seperti Halnya Belajar Sejarah

Jika di bangku sekolah kamu dapat pelajaran sejarah yang seringkali membosankan, dengan traveling kamu akan lebih mudah memahami mata pelajaran itu. Bahkan mendadak kamu akan menyukai pelajaran itu sendiri.

Candi Sojiwan
Candi Sojiwan

Berbeda dengan teori di sekolah, dengan sebuah perjalanan kamu tidak hanya mendengar saja, namun kamu bisa melihat dan merasakan langsung keindahan dan kekayaan budaya di Indonesia sekaligus mensyukuri alam ciptaan-Nya.

Traveling Menciptakan Sebuah Keluarga Baru di Kehidupan Kita

Seringkali ketika saya bepergian ke suatu daerah, tak jarang pula saya menemui orang baik yang tak segan untuk membantu. Mulai dari yang hanya sekadar memberikan informasi, ada pula orang yang memberikan tumpangan gratis selama saya di sana. Hal ini memberikan kepercayaan tersendiri bagi saya, bahwa masih banyak orang di luar sana yang baiknya luar biasa. Menjadikan mereka keluarga kedua adalah kebanggaan tersendiri dalam kehidupan saya.

Traveling Mengajarkan Sebuah Toleransi

Indonesia itu kaya akan budaya dan merupakan negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak di dunia. Wajar saja jika Indonesia selalu menjadi sorotan negara lain di luar sana.

Dengan traveling, saya belajar tentang sebuah makna toleransi. Saling menghargai satu sama lain adalah pondasi majunya negara kita. Saya bangga dengan keberaneka ragaman budayanya, dan seharusnya seperti itulah Indonesia.

Traveling Menguji Batas Kemampuan Kamu dan Keberanian Dirimu

Traveling seorang diri maupun berkelompok sama menyenangkannya. Ketika traveling bersama orang lain, kamu akan belajar berkompromi dan menurunkan ego sendiri. Dan itu benar-benar menguji batas kemampuan kamu. Apakah kamu layak dikategorikan orang yang asik diajak traveling atau malah sebaliknya?

Pun begitu dengan solo traveling yang mengajarkan kamu bertahan dalam segala situasi dan kondisi dengan mandiri.

Jadi, apa saja yang sudah kamu dapatkan selama traveling? Sudahkah kamu belajar bertoleransi, atau sudahkah kamu mendapatkan keluarga baru?

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *