https://www.flickr.com/photos/seeminglee/3941923397
https://www.flickr.com/photos/seeminglee/3941923397

Bagaimana Cara Mendapatkan Foto Berkualitas Selama Traveling?

Traveling dan fotografi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Selain membuat perjalanan menjadi lebih menarik, hobi fotografi memberikan perspektif berbeda dalam memahami tempat tujuan. Ketika mengunjungi suatu tempat yang indah dan menarik, sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk segera mengabadikannya. Apalagi kalau bukan untuk sharing di media sosial atau ingin disimpan sendiri sebagai kenang-kenangan.

Well, apapun tujuannya, sudah selayaknya kalian menguasai beberapa hal berikut yang dapat mempengaruhi kualitas foto travel kalian.

Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony. – Mahatma Gandhi
Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony. – Mahatma Gandhi

1. Riset terhadap destinasi tujuan wisata kalian

Sudah seharusnya sebelum melakukan traveling kalian harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat yang ingin kalian kunjungi. Mulai dari kultur, budaya, adat istiadat warga setempat, event yang sering digelar, atau tempat-tempat menarik yang sering dijadikan objek foto bagi wisatawan lain.

Prambanan

Sebelum ke Candi Prambanan, saya biasanya melihat gambar-gambar lain sebagai referensi pada saat memotret. Dan inilah hasilnya.

2. Cari referensi gambar melalui situs-situs fotografi.

Di 500px contohnya, banyak sekali hasil fotografi menakjubkan dari fotografer di seluruh dunia. Kadang beberapa inspirasi foto saya temukan di sana
Di 500px contohnya, banyak sekali hasil fotografi menakjubkan dari fotografer di seluruh dunia. Kadang beberapa inspirasi foto saya temukan di sana

Untuk melihat referensi foto, kalian bisa menggunakan beberapa situs fotografi seperti Flickr, Instagram, Google Images, atau 500px. Bukannya ingin menjiplak komposisi orang lain, tapi banyak-banyak melihat referensi gambar bisa menjadi awal yang bagus untuk meningkatkan kualitas foto kita. Setelah melihat referensi gambar, bertanyalah pada diri sendiri pada saat akan memotret. Kira-kira apa elemen yang harus saya tambahkan/kurangkan agar foto saya terlihat lebih menarik?

3. Mengkomposisi subjek dengan baik.

twirling
Twirling

Ingat konsep rule of thirds? Mau tidak mau, suka tidak suka, konsep ini merupakan salah satu konsep yang paling populer dan memang terbukti meningkatkan kualitas foto kita. Dalam ilmu desain, disebutkan bahwa mata manusia secara natural tertuju pada empat buat titik pada suatu gambar, bukan pada titik tengahnya. Jadi sesaat sebelum menekan tombol shutter pada kamera, pastikan komposisi yang kalian ambil sudah tepat.

4. Lupakan aturan (break the rules)

Frame within the frame
Frame within the frame

Tunggu! di point ke-3 kita disuruh untuk mengikuti konsep rule of thirds. Lalu sekarang kita disuruh untuk break the rules?

Memang, fotografi bukanlah ilmu pasti. Semua konsep dan aturan yang dibuat bukanlah hal yang absolut. Tapi sebagai catatan, sebelum kalian melanggar aturan yang ada, sudah seharusnya kalian paham benar terhadap aturan tersebut. Akan sangat lucu ketika kalian hendak melanggar aturan, tapi tidak tahu aturan apa yang kalian langgar. Melalui pemahaman yang baik terhadap aturan yang ada, foto yang dibuat dengan melanggar aturan akan berpotensi menjadi foto yang sangat menarik.

5. Gunakan kamera DSLR dan all around lenses

Nikon D610 12/27/2013
Nikon D610 12/27/2013

Safir Makki (senior fotografer travel) mengatakan, setidaknya ada tiga macam objek pada saat melakukan fotografi perjalanan. Landscape atau pemandangan kota, ikon atau simbol wilayah, dan terakhir adalah people, yaitu masyarakat setempat yang terkait dengan budaya dan kebiasaan. Untuk mencakup ketiga hal itu, Safir Makki lebih memilih menggunakan all around lens daripada harus membawa semua lensa dari rentang fokal yang ada. “Kamera DSLR, merk dan tipe apapun, akan jauh lebih memuaskan“, ujarnya. Safir menambahkan, jangan sampai gadget dan perlengkapan elektronik mempengaruhi konsentrasi dalam memotret. “Cukup dengan satu lensa kamera yang bisa tele (jarak dekat) dan bisa wide zoom (jarak jauh), itu sudah cukup“.

Itu dia 5 tips bagaimana bara mendapatkan foto berkualitas selama traveling versi penulis. Tentu saja masih banyak lagi tips-tips lain yang bisa menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas foto kalian. Intinya rajin-rajinlah berlatih, dan tentu saja Traveling! ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *