Sri Tanjung di Lempuyangan
Sri Tanjung di Lempuyangan

Berjam-jam di Kereta Membuat Diri Jenuh Bukan? Berikut Cara Jitu Untuk Mengatasinya

Traveling saat ini memang telah menjadi gaya hidup sebagian besar orang. Walau sering bepergian ke mana-mana, tak jarang dari mereka masih saja kebingungan memilih transportasi yang akan digunakan. Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan, seperti waktu, tenaga, dan juga dana yang akan dikeluarkan.

Saat ini, transportasi menggunakan kereta api yang dikelola PT KAI menduduki urutan pertama bagi traveler dibandingkan alat transportasi lainnya. Traveler lebih memilih transportasi kereta api karena harganya murah, juga transportasi tersebut sudah memberikan fasilitas yang layak dibandingkan dengan beberapa tahun silam. Bersih, nyaman dan dingin, begitulah gambaran umum kereta api di Indonesia. Bahkan untuk kelas ekonomi sekalipun.

Meskipun kereta api saat ini sudah dikatakan baik dan layak, namun, tak jarang traveler sering mengalami kejenuhan selama perjalanan.

Sumber: http://s.id/d4H
Sumber: http://s.id/d4H

Contoh saja, traveler yang berasal dari Jakarta dan ingin menjelajah wisata di Kota Banyuwangi. Mereka harus berangkat dari Jakarta malam hari sekitar pukul 21.00 dan sampai di Jogjakarta pagi hari dengan durasi perjalanan kurang lebih selama 8 jam. Karena tidak ada kereta langsung menuju Banyuwangi, mereka harus transfer kereta dari Jogjakarta menggunakan Sri Tanjung menuju Banyuwangi pada jam 07.00 pagi dengan durasi perjalanan kurang lebih selama 14 jam. Tiba di Banyuwangi sekitar pukul 21.00. Itu artinya, hampir 24 jam mereka menghabiskan waktu di gerbong kereta. Bisa kebayangkan bagaimana rasanya berjam-jam di kereta.

Nah, biar tidak jenuh dan mengurasi rasa lelah, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah.

Tidur

Tidur adalah cara paling mudah. Agar istirahat kamu lebih efektif, pesanlah kereta malam, tentunya akan lebih menguntungkan dibandingkan kamu menggunakan kereta pagi atau siang hari. Ingat, sesampai di kota tujuan, kamu sudah harus sudah siap dengan berbagai kegiatan. Dengan tidur berkualitas, badan kamu terlihat bugar dan segar, serta siap menjalani hari dengan jalan-jalan.

Sumber: http://s.id/d4J
Sumber: http://s.id/d4J

Baca Buku

Di dalam kereta rasanya aneh jika hanya duduk terdiam tanpa melakukan aktivitas apapun. Salah satu cara untuk mengatasi jenuh, bisa mengisi waktu luang dengan membaca buku. Masukkan buku ke daftar barang bawaan yang harus dibawa.

Membaca buku bisa jadi hal menyenangkan di kereta
Membaca buku bisa jadi hal yang menyenangkan di kereta

Nantinya, selain bisa menjadi teman selama perjalanan, buku juga bisa menjadi properti dalam mengabadikan sebuah foto loh.

Main Game

Main game adalah alternatif lain untuk menghilangkan kejenuhan selama di kereta. Jika kamu bepergian secara berkelompok, ada baiknya untuk memasukkan kartu UNO, Remi, atau Domino ke dalam daftar bawaanmu. Jadi, jika kamu merasa jenuh, kamu bisa main game seru bersama partner traveling-mu.

Jika kamu tipikal traveler yang sering pergi sendirian ke mana-mana, video game layak untuk dicoba. Ada banyak pelantar bergerak yang bisa kamu gunakan, seperti PS Vita bahkan Android yang hampir dimiliki semua orang.

Nonton Film

Kegiatan ini bersifat opsional, tergantung kamu akan berwisata ke mana. Misal, berniat untuk mendaki Semeru di Jawa Timur misalnya. Tidak mungkin juga kan kamu naik gunung bawa laptop? Biasanya hal ini dilakukan oleh kamu yang hanya melakukan city tour atau memang harus membawa laptop saat traveling karena tuntutan kerja.

Tenang, semua bangku pada gerbong kereta sudah dilengkapi terminal listrik. Jadi, kamu tak perlu khawatir kehabisan baterai selama perjalanan.

Sesekali Menyusuri Gerbong Menjadi Salah Satu Kegiatan Menghilangkan Kejenuhan Loh

Sejujurnya, saya sendiri belum pernah melakukan hal ini. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencobanya. Lumayan kan jika kamu bisa menghilangkan jenuh sementara sembari menyantap hidangan atau sekadar ngopi cantik di gerbong restorasi.

Gerbong Kereta
Gerbong kereta

Ngobrol dan Cari Kenalan

Untuk kamu yang sedang melakukan solo traveling, ngobrol dan cari kenalan merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Tidak peduli mereka yang diajak kenalan sebaya atau terpaut jauh usianya. Kamu bisa menambah teman atau relasi di kehidupan kamu. Berbagi cerita dengan teman baru akan membuat perjalanan terasa lebih singkat.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa jadi hal terakhir yang akan dilakukan ketika kamu jenuh. Kadang, musik yang melow juga bisa menjadi pengantar kamu untuk tidur.

Jangan Naik Kereta

Serius, ini saran bukan asal-asalan. Jika hal di atas tidak mampu menghilangkan kejenuhanmu selama di kereta, sekali lagi, jangan naik kereta. Carilah alternatif transportasi lain yang membuat kamu merasa lebih nyaman dengan perjalanan yang lebih singkat. Seperti pesawat misalnya.

***

Jadi pengalaman apa saja yang sudah kamu dapatkan selama di kereta?

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *