Coban Pelangi

Traveller, jika berniat bepergian menuju Bromo dan melewati Malang, saya sarankan untuk mampir sebentar ke Coban Pelangi. Bagi para pendaki Gunung Semeru atau Bromo, air terjun ini tidak asing bagi mereka, karena Mobil Jeep angkutan umum satu-satunya yang membawa mereka dari pasar Tumpang menuju ke Gunung Bromo akan melewati lokasi ini.

Coban dalam bahasa Jawa berarti Air Terjun, tentulah jika digabung memiliki makna Air Terjun Pelangi. Lantas kenapa disebut Pelangi?

Suasana di sekitar coban ini cukup sejuk. Suhu udara yang dingin disertai suara guyuran air yang jatuh dari ketinggian 30 meter ini akan membuat pengunjung merasa segar. Yang menarik dan sangat mengesankan adalah ketika ada bias-bias warna pelangi yang timbul dari air terjun ini. Warna pelangi yang indah akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Itulah kenapa disebut sebagai Coban Pelangi.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke air terjun Coban Pelangi adalah di pagi hari. Saat pagi, kabut yang lembut sering muncul di sekitar coban setelah lewat dari tengah hari. Segarnya embun pagi hari juga sangat sejuk dan sayang untuk dilewatkan. Oya, pada musim penghujan pihak pengelola sering membatasi kunjungan hingga pukul 16.00 saja. Hal ini untuk menghindari munculnya air bah yang datang dari pegunungan di bagian hulu. Harga tiket masuk obyek wisata ini adalah Rp.5.000,00 per orang dan tiket parkir Rp.2.000,00 (untuk roda dua) dan Rp.4.000,00 (untuk roda empat).

 

Dibutuhkan keadaan fisik yang sehat dan kuat untuk mencapai air terjun ini, dimana pengunjung diharuskan berjalan menurun beberapa ratus meter untuk mencapai alam yang masih alami dan hijau serta pengalaman yang luar biasa mengagumkan. Hutan yang hijau, pegunungan yang sejuk, kicau burung dan sungai yang jernih adalah hal-hal yang bisa di temukan saat akan menuju Coban Pelangi.

 

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *