Gunung Merapi dari Merbabu

Daftar Gunung yang Buka di Tahun 2015

Jika beberapa waktu lalu Bentang Nusantara pernah menerbitkan tulisan daftar gunung yang mulai menutup diri dengan alasan tertentu, di tulisan kali ini mencoba membeberkan beberapa gunung yang sudah mulai dibuka untuk pendakian umum, beberapa di antara malah hampir tidak pernah tutup sepanjang tahun.

  • Gunung Andong
    Tingginya tidak seberapa, tapi pemandangan yang bisa disaksikan dari ketinggian begitu luar biasa. Gunung ini juga hampir tidak pernah ditutup untuk pendakian. Saya sarankan untuk tidak memasang tenda pada saat liburan akhir minggu. Bisa dipastikan kita bakal kehabisan tempat, terlebih dengan banyaknya gunung yang tutup di sekitar Jawa Tengah.
  • Gunung Merbabu
    Beberapa pendaki menyebutnya sebagai anak dari Rinjani karena memiliki keindahan yang serupa (minus Danau Segara Anak). Gunung yang terletak di empat kabupaten ini hampir jarang sekali tutup sepanjang tahun kecuali ada bencana seperti longsor atau kebakaran misalnya. Gunung ini memiliki empat jalur yang biasa digunakan pendaki, Jalur Selo yang menawarkan keindahan, Jalur Wekas dengan jarak tempuh yang lebih sedikit, Jalur Cunthel dan Thekelan.
  • Gunung Lawu
    Sebelas dua belas dengan Merbabu, Gunung Lawu juga hampir tidak pernah menutup jalur pendakian kecuali terjadinya bencana. Ada tiga jalur yang umum dilewati pendaki, ialah Cemoro Sewu, Cemoro Kandang dan Jalur Candi Cetho (beberapa menyebutnya jalur kuno).
  • Gunung Merapi
    Gunung berapi yang resmi ditutup pada tanggal 16 Januari 2015 kemarin, tepat tanggal 16 Maret 2015 dibuka kembali untuk pendakian umum. Isunya, untuk awal-awal pembukaan, hanya Mapala resmi dan terdaftar yang diizinkan untuk melakukan pendakian. Tapi, beberapa waktu lalu beberapa pendaki sudah mulai membagikan open trips pendakian ke gunung ini untuk bulan Maret. Namanya isu, bisa jadi benar atau keliru. Tim Bentang Nusantara sendiri berencana akan melakukan pendakian pada tanggal 21-22 Maret 2015.
  • Gunung Sumbing
    Saya pribadi belum pernah mendaki Gunung Sumbing beberapa bulan belakangan. Tapi, melihat linimasa seorang teman Facebook beberapa waktu lalu, memberikan info penting bagi saya bahwa pendakian Sumbing melalui Jalur Sejati via Butuh, Kaliangerek, Magelang dibuka.
  • Gunung Prau
    Gunung ini merupakan salah satu dari sekian gunung yang cocok buat pemula. Gunung dengan ketinggian 2.565 MDPL ini sempat ditutup pada dari 1 Januari 2015 dengan alasan pemulihan sistem. Sekarang, Gunung Prau dibuka kembali untuk pendakian Prau, tepatnya 31 Maret 2015 kemarin.

Tulisan ini akan terus diperbaharui seiring dibukanya beberapa Gunung di Indonesia yang sempat ditutup beberapa waktu lalu.

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *