Gambar dari PixaBay
Gambar dari PixaBay

5 Situs Penyedia Stock Photo Kualitas Tinggi

Seringkali, kita kebingungan memasang gambar pada artikel blog yang ditulis. Padahal, gambar punya peranan yang cukup besar untuk menggaet pembaca. Seperti kita tahu, sebagian besar pembaca di Indonesia senang sekali “membaca” artikel yang kaya akan gambar di dalamnya, walaupun sebagain besar di antaranya tak berhubungan sama sekali dengan tulisan. Tak heran kalau sebuah artikel bagus isi komentarnya tak jauh dari, “Mana gambar-gambarnya?”

Satu gambar bisa menjelaskan ribuan kata. Ya memang ada benarnya. Rekan saya dulu pernah berkata, kalau kau tak pandai menulis, ceritakanlah dengan sebuah gambar.

Umumnya, beberapa penulis blog mencari gambar dengan melakukan pencarian dari Google Images. Sayangnya, seringkali kita terbentur dengan hak cipta yang melekat pada gambar tersebut. Alasan lainnya, kita tidak dapat menemukan gambar yang pas.

Dibuat dengan http://pablog.buffer.com/app
Dibuat dengan http://pablog.buffer.com/app

Seringkali saya ingin mencari sebuah gambar dengan katakunci tertentu, berbekal alat pencarian yang disediakan Google Images, saya berusaha menemukan gambar dengan kualitas yang bagus dengan resolusi tinggi. Kebanyakan hasilnya tak sesuai dengan apa yang diharapkan. Gambar yang ditayangkan biasanya tak sesuai dengan keinginan. Kalaupun ada, kualitasnya juga tak terlalu bagus dan kurang menarik ketika ditampikan di web.

Jika sudah begitu, mau bagaimana lagi? Nah, 5 website penyedia foto di bawah mungkin bisa jadi tujuan utama ketika punya kendala mencari gambar.

Pixabay – Free Images

Dikatakan, bahwa ada lebih 680.000 lebih gambar yang bebas kalian gunakan. Baik untuk kebutuhan personal maupun komersial.

PixaBay
PixaBay

Tak hanya foto, ada beberapa jenis gambar lain yang disediakan, seperti ilustrasi, gambar vektor bahkan sampai dengan video. Semua gambar disediakan dalam kualitas tinggi. Bahkan untuk video tersedia versi HD-nya (High Definition).

Untuk setiap kali unduh gambar, kita dapat menentukan resolusi gambar tersebut. Umumnya, terdapat tiga jenis ukuran, yaitu small, medium serta original. Kita bisa mengunduh gambarnya tanpa harus mendaftar sebagai anggota di sana.

StockSnap.io – Beautiful free stock photos

Tak beda jauh dengan Pixabay, StackSnap juga menyediakan ratusan ribu gambar dengan lisensi “All photos are free from copyright restrictions – No attribution required” alias bisa digunakan untuk apa saja. Tak harus mendaftar sebagai anggota StockSnap.io untuk mengunduh gambarnya.

StockSnap
StockSnap

Tampilannya yang sederhana memudahkan kita melakukan pencarian gambar. Hanya saja, karena semua kontennya bebas dan gratis, maka tentunya ada banyak iklan berkeliaran di websitenya.

StockUp – Free Stock Images

Berbeda dengan dua website di atas, StockUp punya koleksi lebih sedikit. Saat ini hanya tersedia kurang lebih 13.000 foto di sana.

StockUp
StockUp

Antar mukanya sederhana dengan menampilkan kotak pencarian serta beberapa gambar berdasarkan kategori, populer dan terbaru.

Di bagian subheader-nya terdapat kalimat “Searching 13,174 free stock photos across 27 websites”, yang artinya sebagian foto yang ada di sana bersumber dari stock photo lainnya.

Unsplash  – Free high-resolution photos

Dibandingkan dengan website di atas, Unsplash termasuk baru dalam menyediakan stock photo. Pun begitu, koleksi gambarnya cukup banyak untuk menyediakan berbagai kebutuhan blog kita.

Unsplash
Unsplash

Salah satu fitur yang saya suka adalah adanya informasi EXIF data dari gambar tersebut. Hal ini sangat membantu saya untuk belajar fotografi. paling tidak untuk mendapatkan foto yang serupa, EXIF datanya bisa saya contek. 😀

Pablo by Buffer – Design engaging images for social media

Juga menyediakan berbagai stock photo, hanya saja bukan sekadar unduh gambar. Seperti slogannya yang tertulis, Pablo menyediakan gambar + editor-nya. Cocok digunakan untuk membuat kutipan galau, foto cover Facebook & Twitter, atau informasi yang mengedepankan teks dengan bantuan gambar.

Pablo by Buffer
Pablo by Buffer

Ada banyak jenis font dan efek yang disediakan untuk dipasang pada gambar yang dipilih. Gambarnya sendiri bisa diunggah dari milik sendiri.

***

Nah, traveler dan blogger, yang mana favorit kalian? Atau, masih menggunakan Google Images untuk pencarian gambar? 😀

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

7 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *