Sri Tanjung
Sri Tanjung

Desa Sri Tanjung Bantul Jadi Lokasi Film Hollywood “Beyond Skyline”

Objek wisata Sri Tanjung yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo Bantul menjadi lokasi syuting film Beyond Skyline. Sebuah film laga yang rencana dibintangi aktor-aktor Hollywood . Lalu seperti apakah Sri Tanjung itu?

Kepala Desa Jatimulyo Paimo Sastro Wiharjo menyampaikan Sri Tanjung merupakan objek wisata alternatif yang dimiliki Dlingo di Dusun Dodogan. Objek ini mirip dengan wisata yang ditawarkan Sri Getuk Playen Gunungkidul, yakni mengangkat potensi Kali Oya.

Pembangunan objek wisata ini dimulai sejak tahun 2013 dengan membuka akses jalan bagi pengunjung. Sekitar 1,4 Km jalan trap dibangun dengan dana Rp.270.000.000,- dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Tahun 2014, pembangunan berlanjut untuk pembendungan Kali Oya guna mendukung potensi keindahan.

Paimo menambahkan Pemerintah Desa dan masyarakat juga telah merencanakan pekerjaan pembangunan berkelanjutan di tahun 2015. Rencana ada tiga obyek yang akan dilanjutkan yakni wisata panjat tebing, lintasan olah raga khusus sepeda motor trail dan pembangunan kolam renang.

Sekadar diketahui, Desa Jatimulyo juga tengah menyiapkan kegiatan pembangunan wisata religi dengan dimilikinya tempat peninggalan bersejarah yakni sendang banyu uripan dan Jati Kluwih. Dua tempat ini tengah menunggu kabar kejelasan atas pengajuan Dana Keistimewaan yang telah diajukan Rp1 miliar.

Pemerintah Desa Jatimulyo telah menyiapkan rencana pembangunan meliputi pembangunan sarana umum penunjang obyek wisata seperti pagar, pintu gerbang, MCK, dan bangunan pendopo. Desa melihat menurunnya kunjungan ditempat menyimpang sejarah penting ini akibat tidak terdukungnya kebutuhan sarana umum dan tidak tersasarnya kebijakan pengembangan pariwisata selama ini.

Sumber: Jogja.co

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *