Tugu Jogakarta
Tugu Jogakarta

Event Bagi-bagi Kopi Gratis oleh BPI Yogyakarta, Yang Tak Pernah Absen Setiap Tahunnya

Backpacker merupakan sebutan bagi seseorang yang memiliki hobi jalan-jalan dengan ciri khas menggendong tas besar di punggung dan sering mereka bawa ke mana-mana. Backpacker juga bisa diartikan sebagai cara untuk menekan anggaran traveling semaksimal mungkin. Istilah backpacker sudah tak asing bagi kebanyakan orang, apalagi yang sudah berkecimpung dalam dunia traveling.

Pernahkah kamu mendengar komunitas Backpacker’s Indonesia? Well, Komunitas Backpacker’s Indonesia atau biasa disingkat sebagai “BPI” merupakan wadah berkumpulnya beberapa orang yang memiliki hobi jalan-jalan. Tanpa ada kriteria khusus, usia muda hingga usia lanjutpun bisa bergabung dengan komunitas tersebut. Pada dasarnya, komunitas BPI bersifat luring. Namun, dalam dunia maya, terdapat beberapa grup yang mewadahi anggotanya untuk berbagi cerita serta acara. Sesekali, atau dalam jangka waktu tertentu, sesama anggota mengadakan pertemuan untuk membahas kegiatan jalan-jalan.

Sekadar info tambahan, BPI sudah tersebar luas di seluruh kawasan Indonesia. Dan, hampir setiap daerah memiliki anggota yang aktif maupun non-aktif dalam dunia jalan-jalan. Salah satunya adalah BPI Chapter Yogyakarta.

BPI Chapter Yogyakarta saat ini diketuai oleh Pedro Indriyanto. Bang Pedro, begitu orang-orang menyapanya. Info lainnya, dikarenakan banyak anggota yang sibuk dengan tugasnya masing-masing, membuat komunitas ini seperti pasang surut. Seringkali nampak ke permukaan, sesekali hampir tak ada kegiatan. Yang biasanya rutin diadakan kopdar (kopi darat), sekarang sebulan sekali saja belum tentu.

Pun begitu, BPI Chapter Yogyakarta sudah memiliki agenda tahunan yang tak pernah absen beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah bagi-bagi kopi gratis setiap hari Natal (tak selalu persis di tanggal 25 Desember). Acaranya sendiri diadakan di Tugu Yogyakarta, landmark kota yang selalu jadi tujuan utama pelancong. Tempat ini begitu strategis, sehingga memungkinkan misi untuk membagi kopi tercapai dengan baik. Hal menariknya, karena banyaknya wisatawan di Tugu Yogyakarta, maka tak jarang mereka yang kebagian kopi malah mengajak kenalan para anggota BPI dan ikut membagikan kopi dengan sukarela.

Bang Pedro
Bang Pedro, selaku ketua BPI Chapter Yogyakarta saat ini

Acara bagi-bagi kopi gratis ini diadakan mulai dari jam 19.00, saat di mana Tugu Yogyakarta mulai dipadati oleh wisatawan. Dan berakhir ketika jatah kopi sudah habis dibagikan & wisatawan mulai meninggalkan lokasi.

Persiapan banner. Cara mudah untuk menemukan kami!
Persiapan banner. Cara mudah untuk menemukan kami!

Satu pertanyaan, kopi yang dibagikan berasal dari mana? Kok bisa gratis?

Pertama, seperti perkumpulan lainnya, komunitas BPI juga punya kas utama yang dapat digunakan untuk acara tertentu. Uang kas tersebut didapat dari iuran anggotanya, baik itu periodik maupun non-periodik. Selain dari anggota, kas juga bisa didapatkan dari konsursium dengan lembaga atau perkumpulan lainnya.

Kedua, untuk setiap kegiatan BPI (khususnya Chapter Yogyakarta), selalu ada anggota yang bertugas mencari donatur yang punya kesiapan untuk mendukung kegiatan ini, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Semisal, dengan donasi berupa uang untuk pembelian kopi, atau bantuan tidak langsung seperti referensi donatur lainnya. Tak ayal, dengan menariknya kegiatan ini, membuat beberapa donatur malah ikut turun ke jalan mengikuti rangkaian kegiatan. Bisa berkumpul, tertawa dan berbagi bersama. Begitulah suasana selama kegiatan di sana.

Sebagai informasi, acara bagi-bagi kopi gratis untuk tahun 2016 diadakan pada tanggal 26 Desember. Jika kamu termasuk wisatawan yang berkunjung ke Tugu pada tanggal tersebut, siap-siap untuk mendapati segelas kopi hangat dan senyuman manis dari BPI Chapter Yogyakarta.

Atau, kamu juga bisa bergabung bersama kami dalam acara tersebut untuk menikmati segelas kopi sekaligus membagikannya kepada wisatawan. Dan, dapatkan pengalaman yang berbeda di Yogyakarta.

Untuk informasi dan donasi, dapat menghubungi nomor 0896 7145 4734 atau melalui surel dedy.yugo.purwanto@gmail.com.

Jogja Never Ending Asia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *