Iga Sambal Ijo
Iga Sambal Ijo

Iga Bakar Jakal

“Iga Bakar Jakal 100% nyata enaknya, hanya satu tiada duanya, tiada bandingnya”, begitulah kiranya yang tertulis pada halaman depan menu utama. Tempat makan ini sudah lama sekali buka, sering bolak-balik pula saya melewatinya, namun baru beberapa waktu yang lalu kesampaian untuk mencoba beberapa menu yang tersedia.

Lokasi

Jakal sendiri merupakan singkatan dari Jalan Kaliurang. Bagi orang yang sudah tinggal beberapa lama di Jogjakarta, pasti familiar dengan jalan ini, salah satu surga kuliner di Jogjakarta.

Lokasinya yang berada persis di pinggir jalan raya juga tidak membuat kita kesulitan untuk mendapatkannya. Beralamat di Jalan Kaliurang KM. 5 No. 71B Jogjakarta, posisinya masih dalam jalan lingkar. Jika dari selatan, kita bakal menemukan tempat makan ini berada di sisi kiri jalan.

Iga Bakar Jakal buka setiap hari dari jam 10.00 sampai dengan jam 22.00. Selain bisa makan di tempat, Iga Bakar Jakal juga melayani pesan antar makanan.

Ngomong-ngomong, Iga Bakar Jakal ini tidak buka cabang atau franchise loh! Jadi, kalo ada tempat makan yang sama persis, bukan merupakan bagian dari Iga Bakar yang diceritakan sekarang. Bisa jadi hanya sekadar meniru ketenarannya. 🙂

Menu

Terdapat 10 menu utama yang dihidangkan dalam bentuk iga utuh, antara lain:

  • Iga Specialized Size * – Rp.35.000
  • Iga Cut Size * – Rp.35.000
  • Iga Single Bone * – Rp.40.000
  • Iga Double Bone * – Rp.45.000
  • Iga Bakar Balado – Rp.37.000
  • Iga Goreng Balado – Rp.35.000
  • Iga Sambal Ijo – Rp.37.000
  • Cut Size Sambal Ijo – Rp.37.000
  • Iga Bombay – Rp.35.000
  • Sate Marangi – Rp.30.000

Khusus untuk menu yang bertanda bintang (*) dapat memilih sendiri saus yang diinginakan, terdiri dari Madu, BBQ, Lada Hitam dan Konro.

Tidak hanya menu utama, juga disediakan menu lainnya yang bahan utamanya jelas masih berupa iga, seperti Soup Iga, Soup Buntut/Goreng, Soup Konro dan Sumsum Kaki Sapi. Selain itu juga tersedia menu paketan berupa Paket Iga Belacan, Paket Iga Balado, Paket Ayam, Paket Steak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya sampai di situ, di menu juga tersedia makanan dengan jenis lain berupa Nasi Goreng, Bakmi Jawa serta Tumisan Kangkung.

Seperti tempat makan pada umumnya dan lumrah adanya, jelas di sini juga menyediakan minuman. Menariknya minuman di sini variatif, ada banyak jenis yang bisa dicoba. Mulai dari yang standar seperti Teh, Squash, Es Degan, Juice, dan lain sebagainya. Kisaran harga minuman di sini mulai dari Rp.4.000.

Di Iga Bakar Jakal, saya berkesempatan mencicipi dua menu Iga Sambal Ijo dan Iga Single Bone dengan Saus Madu.

Ketika pertama kali menu datang, saya membayangkan betapa alotnya daging yang akan dimakan, mengingat dalam hidangan juga disediakan pisau untuk mencincang. Ah, ternyata anggapan saya sedikit keliru, dagingnya begitu lembut untuk dikunyah, terlalu lembut menurut saya sehingga sensasi mengunyah dagingnya tidak terlalu kentara.

Dalam setiap menu yang dihidangkan, juga disediakan kuah hasil rebusan dari sapi tersebut, biasa disebut sebagai stock. Aromanya yang khas daging sapi, membuat santapan lebih mantap, rasanya juga ga begitu buruk menurut saya.

Karena merupakan iga, hampir separuh dari bobotnya (tidak termasuk tulang) merupakan lemak, bagi yang tidak doyan lemak sapi pasti akan sedikit enek untuk menghabiskannya.

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

28 comments

  • Jaydee berkata:

    So much info in so few words. Tosotly could learn a lot.

  • I have had Firefox, IE, and Google chrome downloaded onto my computer for a while now with no problem. Recently I downloaded YIM and now Firefox doesn’t start up. If I restart my computer a few times, and try to open it a few dozen times each time I restart, it will eventually pop up. How do I fix it? Chrome and IE still work fine but I prefer Firefox..

  • Moses Capelli berkata:

    Don’t wear seat belts lest you drown in your own urine?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *