Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan, Agrowisata di Ketinggian

Menikmati pemandangan kota atau hamparan sawah dari ketinggian bisa jadi pengalaman yang mengasikkan, salah satunya dari Kalibiru misalnya. Tidak kalah menarik, Kebun Buah Mangunan, tempat yang memberikan pengalaman sama, menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian.

Terletak di Imogiri, persisnya berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dibutuhkan aktu sekitar satu jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta menggunakan sepeda motor. Sayangnya, hampir tidak ada angkutan umum khusus yang menuju tempat tersebut. Berada di ketinggian 150 – 200 meter di atas permukaan laut, membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan dengan seribu perbukitan.

 

Seperti namanya yang mengandung Kebun Buah, pengunjung dapat mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata rapi sesuai dengan kemiringan bukit, sebut saja buah Durian, Mangga, Rambutan, Jambu Air, Jeruk, Sawo, Duku serta Manggis. Selain buah yang disebutkan, juga terdapat buah lainnya dalam skala lebih kecil seperti Matoa, Kelengkeng, Jambu Biji, Cempedak dan Belimbing. Tidak hanya tanaman berupa buah-buahan, kita juga dapat melihat dan merasakan rindangnya pohon Jati, Magium dan Pinus di area Mangunan. Namun, begitu disayangkan ketika saya berkunjung ke Mangunan, hampir tidak ada pohon yang berbuah.

Lokasi Mangunan juga bisa jadi tempat outbond yang menyenangkan, selain karena tempatnya begitu nyaman dan asri, juga terdapat beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan untuk suatu kegiatan. Beberapa di antaranya adalah penginapan/homestay, gedung pertemuan, kolam renang serta kantor manajemen.

Selain menawarkan wisata edukasi, Kebun Buah Mangunan juga memberikan pemandangan alam berupa pegunungan. Kebun yang ada di perbatasan kecamatan Dlingo, Bantul, begitu itu pas untuk mengisi liburan natal dan tahun baru atau sekadar untuk mengisi hari baru. Salah satu lokasi menarik ada di gardu pandang. Di sana pengunjung bisa melihat sungai Oyo dari kejauhan serta beberapa perbukitan.

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

Tinggalkan Balasan