Tahu Petis
Tahu Petis

Makanan Khas Indonesia yang Harus Kalian Coba

Saat ini sedang tren wisata kuliner dengan mencicipi berbagai hidangan khas suatu daerah untuk kemudian diunggah ke media sosial. Makanan khas berbagai daerah ini selain enak, unik dan menarik, tentu saja harganya pun pas di kantong. Apakah kalian juga pecinta wisata kuliner dan ingin mencoba pengalaman baru? Yuk simak daftar makanan khas Indonesia dari berbagai daerah yang harus kalian coba berikut ini!

1. Saoto Bathok Mbah Katro Yogyakarta

Kuliner yang satu ini letaknya dekat dengan Candi Sambisari. Dengan saung-saung bambu khas pedesaan dan berada di pinggir sawah, saoto bathok ini terlihat “ndeso” namun menarik. Jika kalian bertanya-tanya, nama saoto bukanlah kesalahan penulisan, melainkan sebutan lain soto di daerah Solo. Meskipun khas Solo, tapi makanan ini berada di Yogyakarta. Soto khas Solo ini hanya memiliki satu varian saja, yaitu soto daging sapi dan dihidangkan dengan mangkok batok kelapa. Namun seperti hidangan soto lainnya, kalian dapat memilih hidangan sampingan seperti tempe goreng, sate telur puyuh dengan bumbu bacem, atau sate usus yang disajikan di piring tanah liat.

Kalian juga dapat memilih, ingin duduk di lesehan atau di bangku bambu sambil menikmati pemandangan asri nan sejuk dengan rawa buatan dan arena bermain yang juga terbuat dari bambu. Jika kalian mencari sensasi pengalaman makan di pedesaan yang tradisional dan unik, Saoto Bathok Mbah Katro ini bisa menjadi pilihan utama.

2. Mie Setan Surabaya

Kuliner ini memang memiliki nama yang sedikit menakutkan. Tapi jangan takut dulu, ini hanyalah konsep unik yang diusung penjual untuk menarik perhatian pembeli. Seperti namanya, mie ini memiliki rasa yang sangat pedas tapi tetap enak dinikmati. Dengan harga yang sangat terjangkau, kuliner ini sangat cocok bagi penggemar makanan pedas. Kalian dapat memilih tingkat kepedasan sendiri, dari bintang satu sampai lima dengan jumlah cabai bervariasi hingga 60 buah cabai! Wah bisa dibayangkan bagaimana pedasnya?

Jangan kaget saat kalian mengunjungi tempat ini, karena kalian akan menemukan menu makanan seperti mie iblis, mie setan, dan minuman seperti genderuwo, kuntilanak, tuyul, pocong, dan sundel bolong. Uniknya, tidak ada foto makanan dan minuman yang dipajang, bahkan kalian tidak akan dibagikan daftar menu. Jadi kalian harus rela antre untuk bisa mengetahui arti dari menu-menu tersebut. Penasaran kan seperti apa bentuk mie dan minumannya? Pastikan mie setan ini ada dalam daftar kuliner kalian saat berkunjung ke Surabaya, ya!

3. Street Gourmet Bandung

Bandung memang terkenal akan kulinernya yang unik dan bervariasi. Salah satunya adalah Street Gourmet. Kuliner di atas bus yang sedang berjalan dan menikmati hidangan sambil berkeliling kota Bandung adalah hal unik yang diusung Street Gourmet. Pemilik kuliner unik ini adalah dua orang pemain bola Indonesia, Tony Sucipto dan Airlangga Sucipto. Mereka menjadikan Street Gourmet sebagai restoran berjalan pertama di Indonesia. Kalian tidak perlu khawatir dan takut menikmati hidangan karena bus berjalan dengan kecepatan yang cukup pelan, yaitu 30 km/jam dengan waktu tempuh 2 jam.

Lalu bagaimana dengan makanannya? Kalian dapat menikmati beberapa menu makanan di sini, menu kuliner khas Bandung, menu kuliner Jepang, dan menu kuliner Barat. Semua menu dalam bentuk paket dari makanan pembuka hingga makanan penutup, dan dimasak langsung di atas bus dengan bahan yang masih segar dan dijamin halal. Selama menikmati hidangan, kalian akan dipandu oleh seorang tour guide yang akan menjelaskan setiap tempat yang kalian lewati dan disuguhi video Bandung tempo dulu. Menarik bukan?

4. Rumah Makan Tinoor Asli Manado

Meskipun kalian tidak bisa mengunjungi Manado nun jauh di Sulawesi Utara, tapi kalian bisa menikmati kulinernya di Jakarta. Rumah Makan Tinoor Asli Manado menghidangkan berbagai macam makanan kuliner khas Manado seperti ayam woku, nasi jaha’, ikan rica, dsb. Menu nonhalal pun dapat ditemui di sini, jadi bagi kalian yang muslim, bisa memilih menu yang halal saja.

5. Rumah Makan Marannu

Rumah Makan Marannu di Jakarta ini menghidangkan makanan khas Makassar. Menu favorit di sini adalah konro bakar, akan tetapi hidangan khas Makassar lainnya dapat kalian temui di sini, seperti coto Makassar, sop konro, jalan kote, cangkuning, gogos , barongko, es pisang ijo, dsb. Biasanya, makanan khas Makassar dimakan bukan dengan nasi, melainkan dengan buras dan ketupat. Buras sedikit berbeda dengan lontong atau ketupat, bentuknya panjang dan agak pipih, tidak bulat seperti lontong. Rasanya pun sedikit gurih dan teksturnya lebih empuk. Bagi kalian pecinta kuliner Makassar, kalian wajib mencoba hidangan khas Makassar di RM Marannu ini.

6. Pos Ketan Legenda 1967

Sesuai namanya, Pos Ketan Legenda 1967 memang melegenda karena rasa yang khas dan tidak berubah meski sudah berdiri sejak tahun 1967. Terletak di alun-alun kota Batu, pos ketan legenda menghidangkan sajian ketan dengan berbagai rasa. Dengan tempat yang relatif kecil, Pos Ketan Legenda sangat ramai dikunjungi wisatawan. Kalian yang belum pernah mencoba hidangan ketan yang lembut dengan berbagai macam saus, pasti akan ketagihan saat mencoba ketan di Pos Ketan Legenda ini. Harganya pun sangat terjangkau. Selain ketan, kalian juga bisa menikmati wedang Legenda, berbagai kopi, susu murni, sampai es soda gembira. Udara yang dingin, ketan hangat nikmat dengan saus yang unik, ditemani segelas wedang Legenda dan sahabat? Hmm, kalian pasti akan betah nongkrong berjam-jam di sini!

Nah, sudah ada tempat wisata kuliner yang menarik hati kalian dari daftar makanan khas Indonesia dari berbagai daerah yang harus kalian coba ini? Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen wisata kuliner kalian, ya!

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *