Makanan Sehat
Makanan Sehat

Makanan Praktis dan Sehat Selama Traveling

Traveling memang terbukti merupakan cara yang paling baik untuk melepaskan penat dari rutinitas dan untuk bersenang-bersenang. Namun, kegiatan yang satu ini juga identik dengan kegiatan yang menghabiskan uang. Selain harga tiket yang mahal, akomodasi, tiket masuk wisata, kebanyakan dari kita juga lebih banyak menghabiskan uang dengan membeli makanan di restoran atau warung makan.

Sebenarnya, pengeluaran untuk makanan dapat kita tekan seminimal mungkin jika kita tahu caranya. Ada banyak jenis makanan yang murah namun tetap mengenyangkan dan sehat, yang bisa kita bawa sendiri. Memang sih, akan menambah beban di koper atau tas kita, tetapi beban tersebut sebanding kok dengan manfaat yang akan kita dapatkan.

Buah-buahan

Semua buah-buahan memiliki kandungan gizi dengan jumlah bervariasi. Buah pada dasarnya adalah makanan yang sehat bagi tubuh, terlepas apa pun buahnya. Misalnya apel yang kaya akan antioksidan dan jeruk paling tinggi kandungan vitamin C–nya dan sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, buah tergolong makanan yang sangat praktis dan sehat yang bisa kalian bawa selama traveling. Dua buah pisang cukup untuk menambah energi dan satu buah jeruk yang kaya akan vitamin C mampu memberikan proteksi lebih terhadap tubuh kalian sehingga tidak gampang terserang flu pada saat traveling.

Peringatan: membawa durian dapat menyebabkan dompet tipis dan beban berlebih.

Coklat

Siapa yang suka coklat? Pada angkat tangan semua, kan? Makanan manis yang satu ini memang favorit semua orang. Bukan hanya enak di lidah, coklat juga kaya akan manfaat.

Coklat mengandung protein, karbohidrat, lemak serta flavanols, sejenis flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Tak hanya itu, coklat juga dipercaya sebagai moodbooster yang membuat perasaan kita lebih tenang dan bersemangat untuk memulai hari.

Apalagi kalo kita sedang traveling, makanan yang satu ini akan semakin membuat kita happy menjalani dan menghabiskan setiap detik di setiap destinasi traveling.

Roti Gandum dan Selai

Mungkin memakan roti gandumnya saja bakalan hambar deh ya, jadi dibutuhkan pendamping yang pas, yaitu selai. Untuk pilihan rasa, bisa kalian sesuaikan dengan selera masing-masing.

Gandum memiliki kandungan mineral 2%, protein 10%, lmat 1,5% dan karbohidrat yang hampir atau setara dengan nasi, yaitu 60% hingga 80%. Makanan praktis yang satu ini akan menjadi penyelamat perut kalian yang kosong. Kandungan serat yang tinggi di dalam gandum memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga gandum cocok dikonsumsi sebagai menu sehat, apalagi bagi kalian yang sedang diet dan tidak menginginkan makan besar.

Selapis roti gandum dengan selai mampu mengisi ulang tenaga yang telah habis dan kalian siap untuk destinasi traveling selanjutnya.

Baked Beans

Baked beans adalah sajian yang terbuat dari kacang-kacangan. Kalian dapat menemukan makan jenis ini di hampir seluruh supermarket dalam bentuk kalengan. Makanan yang satu ini juga praktis karena dapat dikonsumsi langsung atau dipanaskan sebentar untuk disajikan.

Tak hanya mengenyangkan, baked beans juga merupakan sumber yang baik dari protein, serat, vitamin B1, B9, zat besi, fosfor, kalium, tembaga, dan magnesium. Magnesium adalah salah satu jenis mineral yang berperan penting dalam produksi energi tubuh dan sebagai antioksidan.

Kornet

Jika agenda traveling kalian kali ini berhubungan dengan tenda dan api unggun, maka pilihan makanan berupa kornet sangat praktis dan enak untuk dibawa.

Kornet biasanya dijual dalam bentuk kalengan dan berupa daging sapi. Daging kornet sapi mengandung energi sebesar 241 kilokalori, protein 16 gram, lemak 25 gram, kalsium 10 miligram dan juga zat besi 4 miligram.

Penyajiannya juga cukup mudah, tinggal dipanaskan dengan api kecil atau bisa kalian taruh kaleng kornet tersebut di dekat api unggun. Tunggu sebentar dan kornet siap untuk disantap.

Chili Tuna Ayam Brand

Sepertinya, untuk jenis makanan ini terpaksa harus sebut mereknya, karena tuna iris siap makan hanya dimiliki oleh merek ini saja.

Makanan jenis ini disediakan dalam bentuk kalengan. Berisi daging ayam dan tuna di dalamnya. Bagi kalian yang suka pedas, berbahagialah, karena makanan ini menyediakan rasa pedas yang mampu memuaskan lidah kalian. Namun kalian yang tidak suka pedas tak perlu khawatir, karena tersedia juga pilihan yang plain, alias tanpa rasa pedas sama sekali.

Untuk kandungan gizi, Chili Tuna Ayam Brand memiliki kesamaan dengan kornet.

Sosis

Alternatif makanan praktis yang lainnya adalah sosis. Belilah sosis yang siap makan. Makanan jenis ini dapat kalian peroleh di seluruh minimarket. Untuk rasa bisa kalian sesuaikan dengan selera masing-masing. Pada umumnya tersedia dua rasa, yaitu ayam dan sapi. Choose the one suits your taste best.

Air Mineral

Meskipun tidak tergolong dalam jenis makanan, tetapi air mineral is worth mentioning. Kalian tidak mungkin makan keenam makanan di atas tanpa adanya air mineral kan? Dijamin seret tenggorokan kalian.

Air mineral memiliki fungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang menguap akibat terik matahari ketika kalian traveling, sehingga kalian terhindar dari bahaya dehidrasi. Air mineral juga berfungsi sebagi pelarut vitamin, glukosa, dan semua manfaat yang kalian dapatkan dari makananan di atas.

***

Makanan yang disebutkan di atas adalah yang paling praktis dan sehat yang bisa kalian bawa selama traveling.

Bentang Nusantara

Berdiri sekokoh cemara. Berlari selincah rusa. Membentang seluas Nusantara.

Tinggalkan Balasan