Black tea
Black tea

Menikmati Racikan Teh Ndoro Donker

Saya penyuka teh, tapi bukan pecandu yang harus meminumnya setiap saat dan harus mencoba setiap jenis teh di seluruh dunia. Sekadarnya saja. Namun, jika ada yang baru atau sedikit unik, saya bela-belain untuk mencobanya.

Apabila sedang berada di kawasan Karanganyar, tidak salahnya mencoba racikan teh di Ndoro Donker. Apalagi jika tujuan liburan kita adalah Perkebunan Teh Kemuning dan Candi Cetho. Lokasinya tidak susah dicari, ikuti saja jalan menuju Candi Cetho, di pinggiran jalan kita bakal melewatinya.

Ada banyak varian teh yang terbagi dalam 3 kategori, Premium Tea, Special Tea dan Best Choice Tea. Khusus untuk kategori Pemium dan Special, disajikan dalam bentuk teko yang dapat dikonsumsi 4 orang ( 4 cangkir). Sedangkan untuk Best choice disajikan dalam bentuk gelas kecil.

Segelas teh hangat dan camilan ringan
Segelas teh hangat dan camilan ringan

Menu pada Premium Tea adalah White Tea, Osmanthus Tea, Lavender Tea dan Bluebuerry Tea. Harga per sajiannya Rp.50.000,00. Tidak begitu mahal saya rasa.

Sedangkan untuk Special Tea tersedia Apricot Tea, Earl Gray Tea, Camomile Tea, Radja Tea dan Mint Tea. Per sajiannya dihargai sebesar Rp.35,000,00. Sedikit lebih murah dari Premium untuk hidangan berkelompok.

Dengan rata-rata harga Rp.8.000,00, Best Choice Tea paling banyak variannya. Sebut saja seperti Black, Green, Oolong, Ocha, Chinese, Forest, Lemon, Orange, Tung Ting, Jasmine, Teh Tarik dan Green Tea Latte.

Khusus untuk Best Choice, saya berkesempatan untuk mencicipi Green Tea Latte. Soal rasa, karena setiap orang berbeda, saya katakan tidak begitu buruk untuk harga segelas yang murah.

Merasakan langsung teh mentah
Merasakan langsung teh mentah

Teh yang dijual di sini, tidak hanya tersedia dalam bentuk siap saji, tapi juga dijual dalam bentuk kemasan.

Selain minuman, juga tersedia makanan serta snack ringan. Iga Bakar misalnya, pilihannya lainnya bisa berupa Soup Iga dan Ayam Panggang. Harganya rata-rata Rp.50.000,00 ke bawah.

Jika perut dirasa setengah isi, kita juga bisa mencicipi snack yang saya bilang Indonesia banget. Karena pada dasarnya, makanan kecil di sini sering kita jumpai di tempat-tempat tertentu, hanya saja kali ini dikemas dan disajikan dalam wadah dan tampilan yang sedikit lebih elit. Apa saja? Kentang Ongklok, Timus Batang Keju, Ubi Donker, dan Tahu Donker misalnya. Rata-rata, harga makanan kecil ini berkisar Rp.20.000,00. Karena kebanyakan mengandung karhobidrat, cukup bikin kenyang jika kita mampu menghabiskan satu porsinya.

Belum lengkap rasanya menikmati makanan yang enak dan minuman hangat di suasana dingin. Untuk tempat outdoor, kita bakal disajikan hamparan perkebunan Teh Kemuning. Sesekali kita bakal melihat petani teh memetik pucuk teh, cikal bakal teh yang kita nikmati sekarang.

Ini kali ya yang disebut sebagai secercah surga kecil salah satu belahan dunia. 😀

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *