Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta 2014

Kali ini, saya berkesempatan menyaksikan secara langsung kirab seni pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta 2014 atau yang biasa disingkat FKY. FKY sendiri merupakan acara tahunan yang diadakan di Yogyakarta.

Sebuah pawai seni yang akan dimulai dari pojokan Gondolayu (antara McD dan jembatan Gondolayu), melewati panggung utama di Tugu, lalu berakhir di lapangan PLN jalan Mangkubumi. Rencananya akan diikuti oleh puluhan elemen seni budaya dan masyarakat Yogyakarta. Akan dimulai pukul 3 sore sampai selesai pada tanggal 20 Agustus 2014.

Lokasi Opening Ceremony FKY 26 akan berada di perempatan Tugu Yogyakarta. Akan menampilkan pertunjukan khusus untuk pembukaan dan video mapping. Dimulai pukul 7 malam, persis setelah kirab seni berakhir. Rencananya akan dibuka oleh Sri Sultan HB X. Opening Ceremony FKY 26 akan dilangsungkan pada tanggal 20 Agustus 2014.

Sumber.

Pesertanya variatif, mulai dari perwakilan kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta atau dari luar provinsi DIY, ada juga yang merupakan komunitas pecinta anjing misalnya. Kostum yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari pakaian tradisional sampai dengan modern seperti Masked Rider.

Setiap kelompok peserta memamerkan keunggulan masing-masing dengan menyusuri jalan dari pojokan Gondolayu sampai dengan Jalan Mangkubumi. Dan puncaknya, akan menampilkan atraksi di sekitaran Tugu.

Kelompok peserta terakhir merupakan paguyuban Angkringan di Yogyakarta. Terdapat lebih dari dua puluh Angkringan lengkap beserta jualannya.Tapi khusus untuk acara kali ini, penonton bisa menikmati hidangan dari Angkringan secara cuma-cuma sepeninggal acara berakhir.

Yugo Dedy Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *