Pulau Cemara Besar
Pulau Cemara Besar

Teknik Merencanakan Jadwal & Keuangan untuk Traveling

Traveling itu adalah kegiatan yang kurang ajar. Gimana tidak kurang ajar coba, kita disuruh mengambil libur kerja, lalu dibawa melayang-layang menyaksikan keindahan Indonesia, menghabiskan banyak tabungan tanpa berpikir buat apa saja, terus disuruh pulang begitu saja. Belum lagi kalau kita sampai ketagihan, bisa jebol deh dompet.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Pas pulang dimarahin bos di kantor karena kerjaan belum selesai. Ditodong oleh-oleh sana sini sama teman kantor. Tuh kan, kurang ajar. Tetapi, terlepas dari itu semua, IT IS INDEED A GUILTY PLEASURE.

[quote]If traveling was free, you’d never see me again.[/quote]

Kalian sebagai traveler sejati tentu paham bahwasanya banyak uang yang harus dikorbankan untuk kesenangan ini. Mulai dari biaya transportasi, biaya makan, biaya penginapan, biaya oleh-oleh dan biaya tak terduga lainnya. Jika dirinci lagi, ternyata biayanya tidak sedikit dan beberapa orang terganggu keuangannya kerena ini.

Sebenarnya, hal tersebut tidak harus terjadi jika kalian tahu pasti cara menyiasatinya. Yuk, luangkan waktu sedikit untuk membaca tulisan berikut agar rencana perjalanan kalian berikutnya tidak memakan banyak biaya dan mengganggu produktivitas kerja.

Berangkat di Harpitnas

Harpitnas, Hari Kejepit Nasional, dapat kalian manfaatkan untuk pergi traveling. Kalian bisa mengambil satu hari kerja yang kejepit tersebut untuk “bolos,” sehingga jatah liburan kalian akan lebih panjang. Bolos di sini bukanlah mangkir dari pekerjaan dan tanggung jawab loh ya, melainkan mengambil cuti satu hari sehingga jika diakumulasikan, kalian akan mendapatkan empat hari libur, mulai dari Kamis hingga Minggu.

Nah, di tahun 2015 merupakan tahunnya para traveler sejati karena harpitnasnya sangat berlimpah. Gih, lekas ambil kalender dan lingkari harinya.

[hr]

Rencanakan Traveling dari Jauh Hari

Cara lain untuk pergi traveling tanpa harus mengorbankan produktivitas kerja adalah dengan merencanakannya dari jauh hari, satu tahun lebih awal misalnya. Biasanya kalender tahun berikutnya sudah tersedia, lengkap dengan tanggal merah.

Kesempatan ini bisa kalian jadikan ancang-ancang untuk sejenak lepas dari deadline dan pekerjaan kantor. Dengan merencanakannya jauh hari, kalian juga lebih aware pada deadline pekerjaan. Sehingga ketika harinya sudah dekat, kalian bisa menyelesaikan semua pekerjaan, bahkan jauh sebelum deadline datang. Jadi pas traveling, kalian tidak terbebani sama pikiran tentang pekerjaan kantor yang belum selesai.

[hr]

Alokasikan Anggaran Khusus Traveling

Jika kalian memang traveler sejati dan jalan-jalan adalah bagian dari hidup kalian, maka menabunglah untuk hobi ini. Buatlah anggaran khusus untuk setiap destinasi wisata yang akan kalian datangi. Uang yang kalian sisihkan khusus untuk traveling dimaksudkan agar tidak mengganggu pos-pos keuangan lain di dalam keluarga.

Niatkan hati bahwasanya uang tersebut tidak akan pernah kalian pergunakan kecuali untuk traveling. Pengecualian jika ada keadaan darurat yang benar-benar memerlukan tambahan dana, maka mau tidak mau kalian harus merelakan anggaran tersebut.

Jangan pernah sekali pun tertarik untuk menggunakan uang kalian di pos-pos lain hanya untuk traveling. Ingat, kalian punya kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Kalian punya prioritas hidup yang lebih penting. Sebagai seorang yang dewasa, tentunya kalian bisa lebih bijak menyikapi hal ini. Apalagi jika kalian telah berkeluarga, maka pertimbangan keuangan akan semakin berat.

[hr]

Bergabunglan dengan Komunitas Traveler

Terdapat banyak sekali forum-forum traveler yang bisa kalian manfaatkan keberadaannya. Selain tentang informasi yang terkait destinasi wisata, di sana kalian juga dapat menemukan teman lokal yang bisa jadi pemandu gratis selama traveling. Dia bisa mengantarkan kalian ke beberapa tempat dengan rute tercepat dan jenis transportasi yang tepat, sehingga kalian tidak menghabiskan uang pada kesalahan pemilihan akomodasi.

Bahkan lebih baik lagi jika dia berbaik hati dengan menawarkan kendaraan pribadinya untuk mengantarkan kalian ke mana pun. Lumayan kan, sudah bisa berhemat beberapa ratus ribu rupiah. Komunitas traveler dari situs Couchsurfing biasanya menawarkan kemudahan jenis ini.

[hr]

Mengakali Harga Tiket

Kalau anggaran kalian untuk traveling tidak sebanyak yang kalian harapkan, jangan khawatir, kalian masih bisa mengakalinya dengan meminimalisasi harga tiket perjalanan ke tempat tujuan. Biasanya pos pengeluaran pada tiket sedikit banyak menghabiskan uang.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kalian tentu telah mengagendakan traveling kali ini dari jauh hari ini, kan? Nah, jika sudah dapat tanggalnya, pesanlah tiket di hari hari itu juga. Semakin cepat semakin baik, karena biasanya harga tiket bisa berubah dengan cepat. Contohnya harga tiket pesawat yang berubah setiap menitnya.

Bagi kalian yang memutuskan untuk memakai pesawat, pesanlah tiket berangkat dan pulang di hari kerja, karena tiket akhir pekan pada umumnya akan lebih mahal.

[hr]

Kenali Siklus Promosi

Masa promosi akan berulang dari tahun ke tahun, biasanya mengikuti musim libur sekolah, tahun baru, atau hari-hari spesial seperti ulang tahun suatu kota, tempat hiburan, dan bisa juga maskapai penerbangan.

Kalian bisa browsing tentang destinasi wisata tujuan. Lalu cari tahu tempat mana saja yang sedang mengadakan promosi. Misalnya penginapan atau restoran yang baru launching. Kalo di restoran, bukan saja kalian dapat diskon makan, tetapi bisa jadi kalian makan gratis, loh.

[hr]

Bukan Sekadar Hobi, Kalian Bisa Menjadikannya Sebagai Sumber Penghasilan

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding menjadikan hobi sebagai pekerjaan. Jika kalian punya passion di traveling, kenapa tidak menghabiskan sedikit uang untuk membeli kamera yang bagus dan mengabadikan momen-momen memesonayang kalian temui di sepanjang perjalanan.

Ada banyak sekali situs yang mau membayar karya kalian itu. Sebut saja iStock Photo, SmugMug, Alamy, Flickr Collection dan lain-lain.

Sudah kepikiran mau berlibur ke mana? Segera rencanakan anggarannya dan catat baik-baik harinya. 😀

Bentang Nusantara

Berdiri sekokoh cemara. Berlari selincah rusa. Membentang seluas Nusantara.

Tinggalkan Balasan